Facebook SDK

 


Menganti (28/09), Pondok Pesantren Hidayatut Taibin telah dikunjungi sebagai tahap verifikasi Pengajuan piagam Pondok Pesantren untuk saat ini mengacu pada ketentuan yang dikeluarkan oleh Kemenag RI melalui Sistem Informasi Perijinan Pondok Pesantren, sebagaimana ditegaskan Abdul Ghofar, S.Ag., M.Pdi Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD. Pontren) Kankemenag kabupaten Gresik.

Sistem Informasi Perijinan Pondok Pesantren adalah sistem pelayanan Pendaftaran dan Perpanjangan Ijin Operasional secara online melalui alamat resmi; https://ditpdpontren.kemenag.go.id/ yang bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan pengajuan, Perpanjangan dan pencabutan Perijinan Operasional Pesantren di Kementerian Agama RI.

Berdasarkan UU RI Nomor 12 Tahun 2018 tentang Penjaminan Mutu Pondok Pesantren, KMA Nomor 440 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Data dan Informasi Pada Kementerian Agama. PMA Nomor 71 Tahun 2015 tentang Ma’had Aly, PMA Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam,PMA Nomor 18 Tahun 2014 tentang Satuan Pendidikan Muadalah Pada Pondok Pesantren, PMA RI Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Pondok Pesantren, PP Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Bentuk pengakuan Pendidikan Keagamaan sebagai salah satu jenis pendidikan dalam sistem pendidikan nasional.

Sehingga terkait pengajuan ijin operasional penyelenggaraan (Ijo) Pesantren atau Piagam sebutan lainnya harus melalui prosedur tersebut diatas. Yang tatacara pengajuannya dengan melakukan registrasi dengan upload dokumen, verifikasi kelengkatan dokumen yang diupload oleh kabupaten kota terkait, visitasi berdasarkan dokumen yang diupload, dan jika disetujui maka akan dikeluarkan rekomendasi oleh Kemenag kabupaten kota, dan kemudian tergantung Kanwil Kemenag Provinsi dan jika disetujui Kemenag Pusat akan merekomendasi dan jika hasil verifikasi oleh Dirjen Kemenag RI maka akan diterbitkan NSPP dan SK baru selanjutnya Kemenag setempat akan mencetak dan menerbitkan piagam pondok pesantre tersebut.

Tim PD. Pontren hari ini (Senin, 28/09) melakukan visitasi ke kecamatan Menganti untuk untuk melihat lebih dekat proposal yang diajukan salah satu pondok pesantren di kecamatan tersebut.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama