Facebook SDK


Menganti (11/11), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik melaksanakan pembinaan dan silaturahmi serta menyerahkan 4 (empat) buah Piagam Izin Operasional (IJOP) Pondok Pesantren, Rabu (11/11).


Penyerahan dilakukan di Pondok Pesantren Hidayatut Taibin Bandut Drancang Menganti oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Gresik Markus, M.Pd dan didampingi Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Abdul Ghofar, S.Ag., M.Pdi, juga pengawas PAI Kec. Menganti Drs. Miftahul Huda, M.Ag, serta ketua FKDT Kec Menganti Agus Masrur, S.Sos.


Piagam diserahkan kepada pondok pesantren :

  1. Pondok Pesantren Hidayatut Taibin Bandut Drancang Kec. Menganti
  2. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tlogobedah Hulaan Kec. Menganti
  3. Pondok Pesantren Sahlan AL – Mujabiyah Randu Padangan Kec. Menganti
  4. Pondok Pesantren Baitul Makmur Laban Wetan Kec. Menganti


Markus, M.Pd menghimbau agar Pondok pesantren terus meningkatkan penataan administrasi pondok, salah satunya dengan Ijin Operasional Pondok Pesantren (IJOP), syarat untuk memenuhi IJOP yaitu harus ada Kyai dalam pondok, adanya santri yang bermukim, adanya program pembelajaran kitab Kuning, dan tempat untuk pengajaran. ujarnya.




“Diharapkan kepada pondok pesantren yang telah menerima piagam IJOP dan Surat Keputusan NSPP untuk aktif mengentry data kelembagaan, sarana prasarana serta biodata pengajar dan santri anak didik pada Aplikasi EMIS Pesantren, dan juga lebih semangat untuk mengembangkan Pondok Pesantren” , tambahnya.


"Perlu adanya wadah untuk silaturrahim antar pondok pesantren, agar tujuan mulia bisa saling mendukung antar pondok, guna mewujudkan kemajuan pendidikan agama Islam" tambahnya


Kankemenag Gresik Markus, M.Pd dalam sambutannya, Piagam ini terbit setelah melalui berbagai proses. alur atau prosedur yang harus ditempuh oleh Pondok Pesantren. di awali dengan registrasi atau pendaftaran online dan upload dokumen persyaratan. Selanjutnya tim dari Kemenag Kab. Gresik akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen yang telah diupload kemudian visitasi lapangan dan upload hasil visitasi.


Proses selanjutnya ada di Kemenag Pusat tepatnya di Direktorat Jendral Pendidikan Islam, disinilah dokumen diverifikasi. dan setelah dinyatakan lolos maka Direktorat Jendral Pendidikan Islam dan Pondok Pesantren akan menertibkan piagam Statistik Pondok Pesantren dan Surat Keputusan. Proses berakhir untuk mencetak dan menerbitkan piagam ijin operasional (IJOP).





Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatut Taibin A. Taslihul Ibad, M.PdI mewakili dari Penerima Piagam Ijin Operasional mengucapkan terima kasih atas bantuan khususnya jajaran Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kab, Gresik yang telah mendampingi dalam pengisian data secara online, sehingga data tersebut bisa diupload ke Aplikasi EMIS Pesantren. Ujarnya.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama